Selasa, 14 Januari 2014

Relaks dan Sehat dengan Aromaterapi

 




Aromaterapi telah digunakan selama berabad-abad untuk memberikan efek relaksasi.

Sering merasa lelah dan sedikit tertekan karena pekerjaan di kantor? Jika iya, Anda perlu sesuatu agar Anda merasa segar dan fit kembali. Aromaterapi adalah salah satu solusinya!

Terbukti, aromaterapi dapat menyeimbangkan pikiran, fisik, dan emosi. Dengan memanfaatkan reaksi indera, hasil ekstraksi minyak yang terbuat dari senyawa tanaman ini dapat mempengaruhi produksi hormon dan bahan kimia di otak.

Aromaterapi bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu pijat dan uap. Kedua-duanya memberikan manfaat yang sama. Kini, rumah Anda pun bisa dijadikan tempat untuk melepas penat dan menenangkan pikiran dengan manfaat aromaterapi. Berikut beberapa jenis aromaterapi dan fungsinya:

1. Lavender
Lavender adalah bunga berwarna ungu dengan aroma menenangkan. Aromanya yang khas juga memberikan efek relaksasi dan baik bagi kesehatan, seperti mengurangi stres, menenangkan, dan menyembuhkan kram otot, serta membantu tidur semakin nyenyak.

2. Melati
Melati dikenal sebagai aroma yang merangsang semangat dan membangkitkan rasa percaya diri serta optimisme. Oleh karena itu, aroma bunga yang satu ini cocok untuk meredakan depresi, memberikan efek relaksasi, mengurangi kecemasan dan ketegangan, serta menghilangkan sakit kepala dan insomnia.

3. Jeruk
Sebuah penelitian di Mei University, Jepang menemukan bahwa aroma jeruk mampu mengurangi tingkat depresi. Aroma jeruk juga membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan endokrin, menenangkan pikiran, dan mengurangi stres.

4. Mawar
Selain mampu menciptakan suasana romantis dan penuh gairah, aroma bunga mawar membantu meningkatkan konsentrasi dan kesehatan serta menenangkan pikiran.

5. Vanilla
Aroma vanilla membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan suhu tubuh, membersihkan saluran pernapasan, mengurangi rasa lapar, dan mengurangi stres. Peneliti Eropa juga yakin jika vanilla mampu meringankan sakit sendi dan baik untuk sistem pencernaan.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar