Selasa, 14 Januari 2014

10 Makanan untuk Tubuh Ideal

 


Tubuh sehat dan langsing ditentukan oleh makanan yang Anda konsumsi. 

Makan tak hanya sekadar untuk mengusir rasa lapar. Anda harus selalu memperhatikan asupan makanan untuk menjaga keseimbangan nutrisi sehingga tubuh selalu sehat sekaligus mewujudkan berat badan yang ideal. Berikut 10 jenis makanan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Apel
Merupakan sumber antioksidan terbaik untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit dan penuaan dini. Mengonsumsi apel secara teratur dapat mencegah penyakit jantung. Untuk mendeteksi tingkat risiko Anda terhadap penyakit jantung, cek di sini

2. Alpukat
Peneliti dari Ohio State University mengungkapkan bahwa vitamin yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencegah pertumbuhan sel penyebab kanker. Alpukat merupakan sumber kalori yang sehat dan tidak mengandung lemak jenuh sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. 

3. Blueberry
Mengonsumsi blueberry secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh karena blueberry kaya akan kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Penelitian yang dilakukan Texas Women’s University mengungkapkan bahwa buah ini dapat menjaga berat badan tetap ideal.

4. Brokoli
Menurut The American Cancer Society, kandungan fitokimia antikanker dalam brokoli dapat mencegah risiko kanker payudara, usus, dan paru-paru. Kandungan asam folat di dalamnya juga mengurangi risiko penyakit Alzheimer. 

5. Gandum
Kandungan serat yang tinggi membuat makanan berbahan gandum dapat mengatasi masalah pencernaan. Menurut jurnal Obesity, gandum juga berkhasiat mengurangi lemak yang tersembunyi di bagian dalam perut yang bisa memicu penyakit hati.   

6. Salmon
Jenis ikan laut, seperti salmon mengandung asam lemak tak jenuh dan omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan sistem syaraf. 

7. Kacang Almond
Karena kandungan vitamin E yang tinggi, almond menjadi makanan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Almond juga mengandung serat, zat besi, kalsium, dan riboflavin yang dapat mengurangi penimbunan kalori dalam bentuk lemak tubuh sehingga mengurangi risiko kelebihan berat badan. 

8. Kentang
The Center for Science menemukan fakta bahwa kentang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk menghilangkan stres dan membuat tubuh lebih relaks.

9. Oatmeal
Mengonsumsi semangkuk oatmeal setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Dengan kandungan karbohidrat kompleks dan beta-glucans, yakni jenis serat yang mudah larut dalam air, makanan ini dapat mencegah penyakit jantung dan obesitas.

10. Sayuran Hijau
Sebagai sumber serat yang bebas lemak, sayuran hijau bermanfaat melancarkan pencernaan dan merupakan menu diet yang sehat. Sayuran hijau juga mengandung kalsium yang berkhasiat memperkuat tulang dan klorofil yang dapat melindungi tubuh terhadap risiko kanker.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar