Selasa, 14 Januari 2014

Bebas Stres Dalam Lima Menit..

 




Super sibuk tapi ingin terbebas dari stres?
Inilah kiatnya yang patut dicoba!

Sering kali kita disibukkan oleh pekerjaan yang menumpuk dan tak ada habisnya. Akibatnya gampang terserang stres. Apalagi bagi yang berkeluarga, begitu sampai rumah masih harus mengurus pekerjaan rumah tangga sehingga tingkat stres pun cenderung lebih tinggi. Jika dibiarkan berlarut-larut, stres akan menganggu kesehatan.
Terlebih lagi bila kesibukan membuat Anda menerapkan kebiasaan yang tidak sehat seperti konsumsi makanan instan dan tak sempat olahraga sehingga mengundang penyakit berbahaya, salah satunya serangan jantung/stroke.
Di sela rutinitas bekerja, ketika pikiran mulai penat, sempatkan untuk relaks sejenak. Bagaimana cara agar bisa bersantai tanpa perlu membuat pekerjaan terbengkalai? 

Simak tips berikut yang bisa membuat Anda yang super sibuk terbebas dari stres hanya dalam 5 menit :
1. Membayangkan Liburan
Pejamkan mata sesaat dan bayangkan Anda berada di tempat liburan yang Anda inginkan. Sebisa mungkin pilihlah tempat di alam terbuka yang menenangkan, entah di pantai, gunung, atau taman. Jika agak sulit membayangkan, bisa dipancing dengan melihat-lihat fotonya. Dengan berimajinasi, Anda akan merasa lebih relaks.
2. Dengarkan Musik
"Banyak orang relaks karena mendengarkan lagu klasik," ujar Suzanne Hanser, Ketua Departemen Terapi Musik di Berklee College of Music, Boston. Pilihlah musik kenangan yang Anda sukai, seperti lagu saat kencan pertama dengan pasangan, atau musik klasik kesukaan Anda dan orang tua.
3. Atur Nafas
Duduklah dengan relaks, pejamkan mata dan tarik nafas panjang, lalu hembuskan secara perlahan. Lakukanlah beberapa kali. Dengan mengatur nafas, asupan oksigen ke dalam otak lebih optimal sehingga membuat lebih relaks.  
4. Sebutkan Alfabet Terbalik
Saat stres mulai menyerang, sebutkan alfabet mulai dari Z-A. Ada pula cara melafalkan alfabet mundur dari belakang sebagai variasi. Bagi beberapa orang, saat sampai di huruf 'P' biasanya sudah lupa dengan pemicu stresnya.
5. Aroma terapi
Percaya atau tidak, aroma dapat membuat Anda lebih santai. Jika memungkinkan, nyalakan lilin aroma terapi di ruang kerja. Atau cukup teteskan oil massage dengan kandungan aroma terapi di telapak tangan lalu gosokkan kedua telapak tangan dan hiruplah aromanya. Atau cukup semprotkan parfum favorit Anda.
6. Tertawa
Banyak studi menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Selain mendengarkan lelucon dari rekan kerja, Anda bisa melihat foto atau video anak Anda yang mengundang tawa. Menonton video yang lucu di situs youtube juga bisa menjadi pilihan.  

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar